DPRD KatinganHeadline

Waket I : Dukung Sistem Pemilu Terbuka

Kasongan –  Wakil Ketua (Waket) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Nanang Suriansyah, secara tegas menyebutkan bahwa sangat mendukung dilaksanakannya Pemilihan Umum (Pemilu) proporsional terbuka, hal ini disampaikannya, kamis (23/2/2023) kepada sejumlah awak media di kantor DPRD Kabupaten Katingan.

Menurut Nanang, dengan pemilu sistem terbuka bukan saja hanya calon yang mengetahu namun juga langsung bisa diketahui oleh masyarakat orang yang akan dipercaya duduk untuk menyampaikan suara dari lapisan masyarakat.

“Artinya jika yang terpilih nanti orangnya sudah dikenal dengan baik dan dipercaya maka anggota dewan tersebut dipastikan dapat memperhatikan aspirasi dari masyarakat,”Ujarnya.

Pencoblosan dengan pemilu sistem terbuka ini, membuat tingkat kepercayaan masyarakat saat Pemilu Legislatif (Pileg) tidak ragu lagi untuk mencoblos, karena nama calon yang akan dipilih sudah terlihat saat memilih di bilik suara Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kemudian Nanang juga menyebutkan, bahawa masyarkat sekarang sudah dewasa dalam berpolitik, sehingga dalam pelaksanaannya pada pemilu 2024 mendatang masyarakat tentunya menginginkan sistem proporsional terbuka.

“Jika dilakukan secara tertutup, masyarakat hanya meminta mencoblos nama partai, sementara untuk calonnya tidak diketahui siapa yang akan mewakili di kursi legislatif,”Jelasnya.

Karena itu, bagaimanapun, sekali lagi dirinya menyatakan tetap mendukung Pemilu proporsional terbuka, yang sudah kita laksanakan sejak reformasi puluhan tahun lalu.

(anr/redaksi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close