DPRD Kalimantan TengahHeadline

Sektor Perikanan Potensial untuk Ketahanan Pangan

PALANGKA RAYA, Katambungnews.com – Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Wisman, mendorong pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk dapat memaksimalkan potensi perikanan yang ada di setiap daerah di wilayah Bumi Tambun Bungai.

Menurutnya, setiap daerah di Kalteng, baik di wilayah timur maupun di wilayah barat pastinya memiliki potensi perikana yang harus dimaksimalkan pengembangannya oleh pemerintah daerah. Sehingga, Kalteng bisa memenuhi stok kebutuhan akan ikan baik sungai maupun laut secara mandiri.

“Setiap daerah di Kalteng ini banyak terdapat perairan seperti sungai maupun laut. Contohnya di wilayah timur ada DAS Barito yang memiliki potensi sungai, wilayah Barat dengan potensi lautnya, ini harus bisa dioptimalkan untuk memenuhi ketahanan pangan di sektor perikanan,” katanya, Rabu (12/04/2023).

Politisi fraksi Golkar ini mengatakan, apabila potensi perikanan di wilayah Kalteng dapat dimaksimalkan dengan baik. Tidak hanya kebutuhan stok ikan dalam rangka ketahanan pangan yang terpenuhi, tapi juga akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat maupun daerah.

Selain itu, untuk memaksimalkan potensi sektor perikanan juga dapat dilakukan melalui program pemerintah daerah untuk membantu pengembangan usaha perikanan masyarakat. Sebab, ada banyak masyarakat yang memikili usaha tersebut terlebih yang bermukim disekitaran perairan sungai ataupun laut.

“Pengembangan usaha ini tidak hanya sebatas usaha perikanan tangkap saja, tapi juga pada usaha perikanan tambak, karena potensinya dari sisi ekonomi sangat menjanjikan. Jadi pemerintah harus bisa mendukung penuh usaha itu, sehingga dapat berkembang dan bisa memenuhi kebutuhan daerah,” pungkasnya. (Bom2/Yn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close