DPRD Kota Palangka Raya

Transportasi Sungai Harus Lengkapi Alat Keselamatan

TRANSPORTASI SUNGAI : Angkutan sungai untuk keperluan wisaya yang ada di kawasan wisata air hitam Kereng Bangkirai Palangka Raya.

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Abdul Hayie meminta para penyedia jasa atau pemilik alat transportasi sungai, dapat melengkapi transportasinya itu dengan alat keselamatan.
“Di Palangka Raya hingga saat ini alat transportasi sungai masih banyak diminati. Baik untuk keperluan berdagang, mencari ikan, mengantarkan penumpang, hingga keperluan pariwisata,”ungkapnya,Senin (16/4/2018) yang lalu.
Namun, terlepas dari itu semua para penyedia jasa atau pemilik alat transportasi sungai tampaknya masih banyak yang tidak menyediakan fasilitas keselamatan bagi penumpang.
“Utamanya para penyedia jasa transportasi sungai, jangan hanya memikirkan keuntungan saja. Tapi sisi keselamatan harus turut diperhatikan, sesuai SOP dan aturan yang berlaku,”tutur Hayie
Sejalan dengan itu, menurut politisi dari Fraksi PPP Kota Palangka Raya ini, hendaknya dinas terkait, dalam hal ini Dinas Perhubungan, dapat terus mengawasi dan mengajak para pengelola transportasi sungai untuk memperhatikan fasilitas keselamatan.
“Kapan perlu, bila pemilik transportasi sungai tidak patuh dalam melengkapi alat keselamatan, jangan diberikan izinnya. Bahkan berikan sanksi tegas,”cetusnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Eldi mengakui, belum semua penyedia angkutan sungai di kota itu yang telah melengkapi angkutannya dengan peralatan keselamatan penumpang.
“Kita akui, banyak penyedia angkutan sungai tidak melengkapi angkutannya dengan pelampung, lampu suar dan pengeras suara sebagai bentuk perlengkapan untuk keselamatan penumpang,” beber Eldi.
Pihaknya kata dia, telah mengingatkan para penyedia jasa transportasi sungai untuk melengkapi angkutannya dengan perlengkapan keamanan berstandar tersebut.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close