DPRD Kalimantan TengahHeadline

Pernikahan Dini Berpotensi Merugikan Masa Depan Generasi Muda

PALANGKA RAYA, Katambungnews.com –  Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Hj. Sri Neni Trianawati, S.E., mengatakan penikahan dini tentunya dapat menimbulkan berbagai dampak negatif seperti meningkatnya kasus perceraian, terjadinya stunting pada anak, dan lain sebagainya yang dapat merugikan.

Dia mengingatkan kepada masyarakat terutama para kaum muda yang memiliki umur belum untuk saatnya menikah supaya dapat menghindari pernikahan dini. “Pastikan umur untuk menikah itu sesuai ketentuan, dan juga pastikan kesiapan baik diri dari segi mental maupun perekonomian atau pekerjaan itu ada maupun tercukupi,” katanya, Jumat (19/05/2023).

ia menyampaikan angka perceraian meningkat itu karena diakibatkan adanya pernikahan dini, di mana hal-hal terkait kesiapan untuk berkeluarga itu belum terpenuhi dengan baik, contohnya mental maupun perekonomian.

“Mental yang belum siap untuk menikah dapat menimbulkan KDRT, ditambah lagi masalah perekonomian, itu yang kerap terjadi selama ini. Jadi, sebisa mungkin pernikahan dini itu harus dapat dihindari,” katanya lagi.

Tidak hanya itu, ia juga menjelaskan tidak hanya pada kalangan yang menikah dini saja kerap terjadi KDRT hingga mengakibatkan perceraian, tapi juga dikalangan dewasa yang sudah benar-benar siap menikah, dikarenakan persoalan-persoalan terkait.

“Yang sudah siap menikah saja bisa terjadi KDRT dan perceraian, apalagi yang menikah dini tentu sangat rawan. Sekali lagi baik bagi kaum muda dan para orang tua supaya bisa menghindari pernikahan dini, pastikan ketika hendak menikah itu semuanya benar-benar siap,” tandasnya. (Bom2/Yd)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close