Ekonomi BisnisHeadlineKalimantan TengahKalteng BerkahKatingan

Target Zero Fire, Kecamatan Mendawai Bersama PT.RMU Gelar FGD dan Gladi Posko

Keterangan Foto : Kegiatan FGD dan Gladi Posko Karhutla di Desa Kampung Melayu, Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan, Selasa (27/06/2023).

KATINGAN, KATAMBUNGNEWS.COM – Guna meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Pemerintah Kecamatan Mendawai bersama PT.Rimba Makmur Utama (RMU) melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Gladi Posko, di Desa Kampung Melayu, dari tanggal 25 hingga 27 Juni 2023.

“Kegiatan pengendalian dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) merupakan salah satu kegiatan utama PT.RMU, sebagai perusahaan yang bergerak pada usaha restorasi ekosistem dan konservasi hutan rawa gambut,” kata Kepala Zona Mendawai PT.RMU I Gede Widyana SD, Rabu (28/06/2023).

“Upaya pencegahan dini dan deteksi awal sangat penting untuk dilakukan mengingat dampak dari Karhutla ini dapat menimbulkan kerusakan yang cukup besar, baik bagi lingkungan, ekonomi maupun kesehatan manusia,” tambahnya.

“Untuk meningkatkan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian Karhutla di sekitar wilayah konsesi Katingan Mentaya Project (KMP) maka dipandang perlu adanya satu pemahaman/persepsi, baik masyarakat maupun pihak pemangku kepentingan di tingkat tapak dan dunia usaha yang mempunyai komitmen bersama tentang hal tersebut,” ujarnya.

Ia menyebutkan, salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah agar tercapai persamaan persepsi dalam upaya pencegahan dan penanganan Karhutla.

“Juga agar semua pihak dapat bersama-sama dalam menyusun strategi dan pembagian peran saat menangani karhutla sesuai dengan prosedur yang telah disepakati,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Mendawai Purwoko, mengatakan kegiatan ini penting untuk dilakukan sebagai bentuk penyegaran serta dapat menambah wawasan bagi para peserta mengenai Karhutla.

“Diharapkan juga agar semua peserta nantinya akan memiliki kemampuan untuk melakukan operasi pemadaman dan penanggulangan kebakaran,” ucapnya.

Kegiatan bertema ‘Bersinergi dan Berintegritas Kerja Bersama dalam Pencegahan Karhutla di Zona Mendawai’ ini diikuti oleh Tim MPA/RSA yang berasal dari Desa Tumbang Bulan, Perigi, Tewang Kampung, Kampung Melayu, Mendawai, Teluk Sebulu, Mekartani, dan LPHD Desa Mendawai.

Turut hadir sebagai narasumber selain dari pihak manajemen PT.RMU pada kegiatan ini, yaitu dari Manggala Agni, Puskesmas Mendawai serta Satgas Karhutla Kecamatan Mendawai.(Tbk)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close