DPRD Kalimantan TengahHeadline

Petani Sentra Semangka Pulpis Perlu Pembinaan dan Bantuan

PALANGKA RAYA, Katambungnews.com – Warga Desa Henda, Kecamatan Jabiren Kabupaten Pulang Pisau yang meliputi 85 persen para petani semangka saat ini memerlukan pembinaan dan bantuan di sektor pertanian.

Demikian hal itu disampaikan oleh Anggota DPRD Kalteng asal Dapil Kalteng V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, Tomy Irawan Diran, Rabu (27/09/2023).

ia mengatakan Desa Henda telah membuktikan sebagai penghasil buah semangka Kalteng yang diandalkan. “Bagaimana tidak, hasil-hasilnya sudah luas dipasarkan baik dalam negeri bahkan luar negeri. Namun sayangnya para petani yang meliputi 85 persen warga kurang memperoleh pembinaan dan bantuan,” ungkap dia.

Lanjut, Anggota DPRD Kalteng ini mengungkapkan, para petani memerlukan pembinaan dan bantuan di sektor pertanian. Diantaranya bantuan penyuluhan, bantuan alsintan, saprodi, pemasaran bahkan juga permodalan.

ia banyak menerima saran masukan. Baik masalah kepemerintahan, pendidikan, kesehatan, sosial dan terlebih masalah ekonomi khususnya usaha pertanian dan perkebunan.

“Dimana selama ini dirasakan kurangnya perhatian dan pembinaan. Untuk itu diusulkan bantuan excavator mini dalam rangka pengolahan lahan dan jaringan pengairan, bantuan perahu mesin ces untuk angkutan hasil panen perkebunan, dan bahkan dermaga bongkar muat hasil pertanian,” terangnya. (Y2)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close