HeadlineHukum dan KriminalKalimantan TengahPalangka Raya

Usai Dibentuk, DPW BAIN HAM RI Kalteng Lakukan Pertemuan Perdana

PALANGKA RAYA, Katambungnews.com – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Badan Advokasi Hak Asasi Manusia (BAIN HAM) Republik Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengadakan pertemuan kecil yang bertempat di Rumah Makan Sate Kambing Omega Pahandut Seberang, Senin (15/01/2024) malam.

Ketua II BAIN HAM RI Kalteng, Bobo mengatakan adapun tujuan utama dari pembentukan BAIN HAM RI Kalteng ini, yakni tak lain bertujuan untuk memberikan pengetahuan hukum kepada masyarakat menengah kebawah, sehingga diharapkan dapat meminalisir terjadinya penyelewengan hukum, terjadi kriminalisasi, terjadi penipuan hukum itu karena ketidaktahuan tentang hukum.

“Jadi edukasi yang kita berikan yang kita mau jalankan lewat program BAIN HAM ini adalah supaya masyarakat kita betul-betul melek hukum, kalau kita melek hukum pasti pelanggaran sedikit , dan orang-orang yang melakukan pelanggaran akan lebih berhati-hati lagi berarti,” ucapnya.

ia pun menyampaikan artinya BAIN HAM ini akan menjadi satu kekuatan masyarakat Kalteng untuk menjadi masyarakat yang paling tidak mengetahui berdiri di dalam hukum, bagaimana posisinya di dalam hukum baik hukum secara masyarakat maupun hukum positif nantinya juga secara hukum perdata maupun pidana, itulah pentingnya dilakukan edukasi kepada masyarakat secara luas.

“Dalam keanggotaan BAIN HAM ini terbuka untuk umum tidak ada keterbatasan karena BAIN HAM bukan ormas, kita bukan lembaga swadaya masyarakat, tetapi kita adalah satu perkumpulan yang betul-betul melakukan pendampingan dan edukasi hukum supaya kawan-kawan kita yang ingin bergabung di BAIN HAM akan dilatih dan diberikan pengetahuan untuk betul-betul dapat menjadi mediator bagi masyarakat kebawah untuk mengetahui hak-hak secara hukumnya dan juga ini rencananya sampai ada klinik hukum untuk ke tingkat desa,” pungkasnya. (Yolla)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close