DPRD Kalimantan TengahHeadline

Semua Pihak Diminta Bersinergi Mencegah Karhutla

Katambungnews.com, PALANGKA RAYA – Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Henry M. Yoseph, SE., MH., mengajak seluruh elemen masyarakat Kalimantan Tengah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dini, dalam menghadapi potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah masing-masing.

“Kita harapkan seluruh elemen masyarakat agar mulai meningkatkan kewaspadaan dini terhadap ancaman karhutla, meskipun masih di musim hujan, antisipasi sedini mungkin penting untuk dilakukan,” ujarnya, Rabu (20/03/2024).

Menurut Henry, kesiapsiagaan sedari dini memang perlu dilakuka, terlebih di daerah-daerah di Kalimantan Tengah yang memang rawan mengalami karhutla. Selanjutnya, ia juga meminta kepada Pemerintah Daerah, terutama melalui instansi dinas terkait, diharapkan dapat terus mempersiapkan langkah strategis guna menghadapi potensi atau ancaman karhutla.

“Terutama memfokuskan pada pencegahan dini terjadinya karhutla. Sekaligus memperkuat sosialisasi agar warga tidak membakar lahan dimusim kemarau,”sambungnya. Selebihnya Legislator Fraksi Partai NasDem DPRD Kalteng ini juga mendorong kepada pemerintah setempat, melalui instansi dinas teknisnya untuk bisa melakukan pengecekan dan persiapan lainnya. Seperti terkait ketersediaan sarana dan prasarana karhutla.

Instansi dinas terkait juga harus memastikan sarana dan prasarana (Sapras) dan peralatan yang ada dapat dicek secara berkala, sehingga dipastikan peralatan yang akan digunakan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. (yn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close