Palangka Raya

Ada 8 Program Prioritas Pahandut Seberang Untuk Musrenbang

Katambungnews.com, -Pada 14 Februari 2018 lalu Kelurahan Pahandut Seberang Kecamatan Pahandut mengadakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) untuk membahas usulan program dari tingkat rukun tetangga (RT) yang akan direalisasikan di 2019.
Musrenbang yang dihadiri perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palangka Raya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palangka Raya, Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, dan Bappeda Kota Palangka Raya itu menghasilkan 18 program usulan dari masyarakat yang ingin diajukan pada Musrenbang tingkat kecamatan.
“Jadi pada saat Musrenbang tingkat kelurahan Pahandut saat itu, kita telah menerima 18 usulan program prioritas dari seluruh RT. Namun dari 18 usulan ini kemudian dirangking untuk mengetahui skala prirotas tingkat kelurahan,”ungkap Lurah Pahandut, Balap Sipet, Selasa (20/2), di Palangka Raya
Hasilnya kata Balap, dari 18 usulan tersebut diperoleh 8 program prioritas yang akan dibawa ke Musrenbang tingkat Kecamatan Pahandut. Ke-8 program prioritas ini adalah merupakan usulan yang sudah lama yakni sejak tahun 2013 namun belum terealisasi. Sehingga kembali diajukan sebagai usulan pada Musrenbang 2018 tingkat kecamatan, dengan harapan dapat menjadi skala prioritas.
“Delapan usulan prioritas ini mencakup pembangunan infrastruktur pembuatan jalan, sumur bor, rambu-rambu jalan dan penerangan jalan umum (PJU), pembangunan pagar kantor kelurahan, serta infrastruktur di lingkungan masyarakat Pahandut Seberang ,”sebutnya.
Memang dari 8 usulan tersebut lanjut Balap, maka salah satu usulan prioritas yang cukup diharapkan masyarakat adalah, pembangunan infrastruktur jalan terutama pengaspalan menuju kawasan perumahan Cemara Lebat.
“Dari delapan usulan tadi, maka usulan infrastruktur jalan terutama pengaspalan menuju kawasan Jalan Cemara Lebat sangat diharapkan dan bisa terealisasi pada Musrenbang tahun ini,”cetusnya lagi.
Sementara itu kata Balap, dari usulan yang masih belum masuk pada kriteria skala prioritas kelurahan untuk diajukan pada Musrenbang tingkat kecamatan, adalah usulan yang lebih banyak terkait pada bidang pendidikan dan kesehatan. Kenapa usulan ini tidak menjadi prioritas, sebab kata dia, usulan ini dapat ditangani langsung oleh SOPD teknis seperti Dinas Pendidikan maupun Dinas Kesehatan.
Balap menjelaskan mulai tahun ini mekanisme pembahasan program saat Musrenbang berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini setiap RT langsung menyampaikan kepada pejabat SOPD yang hadir dalam Musrenbang tersebut, kemudian mereka menyampaikan dasar skala prioritasnya.
“Saat itu juga pejabat SOPD melakukan rangking terhadap usulan per RT. Setelah skor usulan diketahui maka disepakati program prioritas tingkat kelurahan sebagai dasar untuk dibawa pada Musrenbang tingkat kecamatan. Maka itu usulan pendidikan dan kesehatan langsung ditangani dinas terkait,”terangnya lagi.
Ditambahkan Balap, dari ke-8 usulan ini nantinya akan tergantung kecamatan apakah akan diakomodir semua atau tidak.
“Kita berharap minimal 50 persen usulan prioritas dari kelurahan Pahandut Seberang bisa terealisasi ditahun ini,”tutupnya.VS

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close