Palangka Raya

BPS Palangka Raya Gelar FGD Bahas Data Publikasi

KATAMBUNGNEWS.com, PALANGKA RAYA, – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palangka Raya kembali menggelar Focus Group Disscuison (FGD) Pembahasan Data Publikasi Kota Palangka Raya.

Acara yang digelar di Hotel Aquarius, Kamis ( 2/8/2018) itu, dibuka Asisten I Setda Kota Palangka Raya Ikhwansyah mewakili Walikota Palangka Raya HM Riban Satia.

FGD dihadiri pula perwakilan BPS Kalteng, Amos Adam Residul serta Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya. Anna Menur Arum Ambarsari, dimana keduanya menjadi narasumber kegiatan FGD tersebut.

Kegiatan itu sendiri diikuti perwakilan dari perangkat daerah (PD) lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya.

Kepala BPS Kota Palangka Raya, Agie mengatakan, digelarnya FGD tersebut adalah untuk memadukan hasil-hasil data terkini dan valid , terutama yang dihimpun setiap perangkat daerah guna menunjang program pembangunan.

“FGD ini rutin digelar setiap tahunnya, dimaksudkan untuk memperkuat koordinasi antar sektoral, yakni badan maupun instansi, agar memiliki data akurat dan valid yang nantinya digunakan sebagai acuan setiap program pembangunan,”cetusnya.

Sementara itu Asisten I Setda Kota Palangka Raya Ikhwansyah mengatakan kegiatan FGD yang digelar sangatlah penting. Terutama untuk melihat progres data Kota Palangka Raya yang di fasilitasi oleh BPS Palangka Raya.

Intinya kata Ikhwansyah, pengumpulan dan penyajian data bukan hanya tanggungjawab BPS saja, melainkan semua perangkat daerah juga mempunyai tanggungjawab menghasilkan data melalui kompilasi produk adminstrasi dari instansi masing-masing.

“Data kompilasi yang dihasilkan tersebut sangat dibutuhkan oleh konsumen data. Mulai dari mahasiswa, peneliti, korporasi dan pemerintah itu sendiri,”jelasnya.

Ditambahkan, adanya pemenuhan data bagi kebutuhan masyarakat yang bersumber dari data sektoral dan data perangkat daerah, menunjukan dari hasil kinerja pembangunan nasional, pasal 31 yang menjelaskan, perencanaan pembangunan didasarkan pada data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close