HeadlineKalimantan TengahKotawaringin Barat

Ernando, Magnet Bagi Kebangkitan SSB di Kalteng

KATAMBUNGNEWS.com, PALANGKA RAYA – Sukses Indonesia menjadi juara di piala AFF U-16 di Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8) lalu membawa magnet bagi kebangkitan sekolah sepakbola (SSB) di Kalteng. Bagaimana tidak, Ernando Ari Sutaryadi yang menjadi penyelamat di Kiper Timnas Garuda Muda ini merupakan jebolan dari SSB Bina Bakat Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat.
Hal ini membuktikan bahwa banyak talenta-talenta muda sepakbola yang sebenarnya banyak tersebar di beberapa pelosok tanah air yang sebenarnya tidak terpantau.
“Kesuksesan Timnas U-16 ini patut kita apresiasi, di mana Ernando yang menjadi penjaga gawangnya itu merupakan putra terbaik asal Pangkalan Bun, Kobar,” kata pelatih SSB Tambun Bungai, Saripudin, Selasa (14/8).
Menurut Saripudin yang akrab disapa Didin, ini membuktikan bahwa di Kalimantan Tengah juga banyak bibit-bibit muda sepakbola yang selama ini belum muncul ke permukaan.
Untuk itu ia berharap pihak-pihak terkait yang peduli terhadap dunia olahraga khususnya sepakbola bisa melihat hal ini sebagai momentum untuk kebangkitan persepakbolaan di Kalteng pada khususnya.
“Adanya sejumlah event-event sepakbola usia dini merupakan langkah awal untuk menyeleksi para pemain muda berbakat,” katanya.
Selama ini menurut Didin, sangat jarang digelar event sepakbola untuk usia dini, khususnya di daerah. Kalau pun itu ada, hanya beberapa tahun sekali. Ia berharap ada agenda rutin untuk itu, sehingga sejauh mana perkembangan anak dalam sepakbola dapat lebih terukur dan terpantau.
Secara rutin ia mengakui SSB Tambun Bungai berlatih sepakbola hanya sebatas hoby dan belum dikelola secara profesional. Ini mengingat keterbatasan biaya, tenaga dan waktu untuk mengelolanya menjadi sebuah

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close