Kalimantan Tengah

Seluruh Ormas Palangka Raya Bersatu Untuk Menjaga Huma Betang

KATAMBUNGNEWS.com, PALANGKA RAYA,  – Aksi damai dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-90 mengadakan kegiatan upacara dan mengelilingi bundaran besar di sentral Kota Palangka Raya, Selasa (30/10/2018) pkl. 14.00 WIB. Seluruh ormas di Palangka Raya bersatu padu untuk menjaga keutuhan Huma Betang di Bumi Tambun Bungai.
Upacara berlangsung dengan singkat dan dihadiri oleh ormas dan komunitas adat antara lain Formad, Fordayak, Forum Komunikasi Pemuda Kalteng, Folk of Dayak, Batamad, Koppad Borneo, Kati Pemuda Pancasila, Arek Bonek Palangka, Seni Budaya TWH dan Reok Ponorogo.
Sebagai komandan upacara yakni Bambang Irawan, S.ST.Pi (Ketua Umum Forum Dayak) dan selaku inspektur upacara dipimpin oleh Effendi Bachtiar, SH (Ketua Forum Masyarakat Dayak Kalteng). Lagu Indonesia Raya dinyanyikan bersama, Teks Pancasila serta Ikrar Sumpah Pemuda serentak dibacakan bersama. Usai upacara digelar tarian adat Dayak dan Reok Ponorogo kemudian mereka membentuk long march untuk mengelilingi bundaran besar.
Melalui aksi damai ini mereka menyatakan kepeduliannya untuk senantiasa menjaga Bumi Tambun Bungai agar tetap dalam situasi kondusif tanpa terpengaruh oleh keadaan politik yang mengarah ke SARA.
Harapan lainnya adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat Kalteng dalam memelihara NKRI supaya tetap utuh menjaga kebhinekaan bangsa Indonesia. (FG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close