DPRD KapuasHeadlineKapuas

Infrastruktur Jadi Usulan Prioritas Masyarakat Bakungin

Menurut Kepala Desa (Kades) Bakungin, Aserani, di Musrenbangdes tahun 2020 tidak terlepas masalah infrastruktur yang prioritas diusulkan masyarakat.

BERSAMA : Foto bersama aparatur Desa Bakungin dengan beberapa pegawai Kecamatan Kapuas Hilir.

BPKNews.co.id – KUALA KAPUAS – Pembangunan infrastruktur masih menjadi usulan prioritas dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Bakungin tahun 2020. Usulan-usulan itu harapannya bisa direalisasikan dari sumber Dana Desa (DD) tahun ini.

Menurut Kepala Desa (Kades) Bakungin, Aserani, di Musrenbangdes tahun 2020 tidak terlepas masalah infrastruktur yang prioritas diusulkan masyarakat.

“Jadi harapan kita semoga apa yang diusulkan oleh masyarakat bisa terealisasi. Kita hanya bisa berdoa dan berusaha,” kata Kades Bakungin, Aserani kepada wartawan media ini pada (20/1/2020).

Kendati usulan masih fokus pada rencana pembangunan infrastruktur, tambahnya, tetapi juga harus ada keseimbangan dengan rencana pemberdayaan masyarakat. Hal ini seperti terkait usulan alat pemadam kebakaran.

“Usulan pemadam diperlukan tosa, dan pemberdayaan SDM-nya juga perlu dibina,” kata Aserani.

Dia juga menegaskan, sebagai Kades sangat mengandalkan anggaran desa yang bersumber dari DD untuk pembangunan. Anggaran lain saat ini masih sulit didapat, walaupun sudah menyampaikan proposal ke pemerintah daerah.

Sehingga, dalam pengelolaan DD, perencanaannya harus benar-benar matang. Begitu juga dengan tujuan pembangunan dan manfaatnya harus benar-benar menyentuh masyarakat.

“Mengutamakan kepentingan umum, selama ini dengan adanya DD, di instansi manapun sulit memasukan proposal. Alasannya tidak ada anggaran untuk itu jadi bisa-bisa Kades aja membaginya,” jelas Kades Bakungin. (SS3)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close