DPRD Kotawaringin TimurKalteng BerkahKotawaringin Timur

Di Era Digital, Desa Tukang Langit masih Tanpa Aliran Listrik PLN

SAMPIT, KATAMBUNGNEWS.COM– Meski telah memasuki era digital, namun hingga saat ini jaringan listrik belum masuk ke wilayah Desa Tukang Langit di Kecamatan Telaga Antang, Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Sejak tahun 1912 hingga kini belum pernah masuk jaringan listrik, warga untuk sementara ini hanya mengandalkan generator set (Genset) untuk penerangan,” kata Kepala Desa Tukang Langit Trisno, Senin (31/10/2022).

Menurutnya, generator yang ada saat ini digunakan sejak tahun 2017 hingga kini untuk penerangan di rumah-rumah penduduk.

“Namun tidak semua rumah penduduk bisa dialiri listrik, karena kapasitas genset yang terbatas dan juga terkendala dengan biaya operasional,” jelas Trisno.

Apalgi dampak kenaikan BBM, membuat harga diesel di desa tersebut melabung tinggi. “Jadi sekali lagi, tidak semua rumah dapat dialiri listrik,” kata Trisno lagi.

Untuk satu malam, rumah yang mendapatkan aliran listrik tersebut dikenakan biaya Rp 7.500. Listrik mulai mengalir pukul 17.00 Wib hingga pukul 21.00 Wib.

Kedepannya, ia berharap agar jaringan listrik PLN dapat segera masuk ke wilayah desanya.
“Kami sudah usulkan ke PLN, informasinya tahun depan masuk, tapi pastinya kapan belum dapat ditentukan,” tandas Trisno.(tmb/ron)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close