AKADEMIKAGunung MasHeadlineKalimantan TengahKalteng Berkah

Kegiatan Eskul, SMAN 1 Kuala Kurun Adakan Program Kebun Sekolah

Keterangan Foto : Kepala Sekolah SMAN 1 Kurun, Batuah, S.Pd., M.Pd

KUALA KURUN, KATAMBUNGNEWS.COM – Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 1 Kurun, Batuah, S.Pd., M.Pd mengatakan bahwa, saat ini sekolah yang dipimpinnya tersebut melaksanakan program kebun sekolah dengan sistem tumpang sari.

“Pengelolaan kebun sekolah tersebut kita laksanakan dalam bentuk kegiatan ekstra kurikuler (ekskul), ada pembina dan siswa. Kegiatan itu terbagi dalam beberapa kelompok dengan sistem bagi hasil, yang mana didalamnya turut terlibat jajaran perangkat sekolah seperti, guru, satpam, penjaga sekolah dan tata usaha,” bebernya.

Batuah juga menuturkan, program kebun sekolah tersebut telah ia laksanakan sejak bulan Maret tahun 2022 lalu, dan sudah beberapa kali panen.

“Jenis tanaman yang kita kembangkan yaitu, kangkung dan jagung. Selain itu, ada juga jenis tanaman segow atau sawi dayak,” ungkap Kepsek, Kamis, (02/2/2023) siang.

Ia berharap, dengan adanya program kebun sekolah ini, dapat memberikan ketrampilan, pendidikan dan edukasi bagi siswa, guru dan staf. Sehingga bisa dikembangkan disekitar lingkungan nya masing-masing. Karena  kegiatan seperti ini bisa menambah penghasilan.

“Sekali panen, untuk penjualan jenis sayur kangkung dan kacang panjang pada waktu itu mencapai Rp700 hingga Rp10400 ribu. Sasaran penjualannya yaitu, pasar dan masyarakat. Saat ini, kita masih mengevaluasi jenis tanaman mana yang lebih menguntungkan, seandainya jenis tanaman jagung, maka kita akan fokuskan untuk menanam jagung,” pungkasnya. (HRK).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close