HeadlineKalimantan TengahKalteng BerkahKulinerPalangka Raya

BBPOM Palangka Raya Lauching Inovasi Layanan Publik “UMKM BERDIKARI”

Keterangan Foto : Kegiatan Lauching Inovasi Layanan Publik "UMKM BERDIKARI" yang dilaksanakan oleh Balai Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Palangka Raya, di M Bahalap Hotel Kota Palangka Raya, Senin (27/3/2023).

PALANGKA RAYA, KATAMBUNGNEWS.COM – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran Lauching Inovasi Layanan Publik “UMKM BERDIKARI” dalam rangka Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Balai Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Palangka Raya, bertempat di M Bahalap Hotel Kota Palangka Raya, Senin (27/3/2023).

Dalam sambutannya Ivo mengatakan UMKM merupakan penggerak perekonomian masyarakat yang berasal dari pemanfaatan sumber daya lokal. “UMKM juga turut berperan dalam penyerapan tenaga kerja di masyarakat, maka dari itu kita semua perlu mendukung UMKM ini untuk kemudahan mereka berusaha dan dalam peningkatan kapasitas UMKM ini, sehingga produk-produk UMKM di Kalimantan Tengah bisa bersaing dengan produk-produk di luar Kalimantan Tengah,” kata Ivo.

Lebih lanjut Ivo menyatakan bahwa ia mengapresiasi program “UMKM BERDIKARI” yang diinisiasi oleh BBPOM Palangka Raya. “Ini adalah sebuah program inovasi dari BPOM Palangka Raya dan juga Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, yang menawarkan solusi nyata yaitu pendampingan intensif satu UMKM satu fasilitator/pendamping. Diharapkan dengan adanya program tersebut, para pelaku UMKM yang memiliki kesulitan/hambatan dalam peningkatan kualitas produknya, dapat mendapatkan bantuan yang intensif,” imbuh Ivo.

Ia pun menjelaskan, program “UMKM BERDIKARI” ini gratis untuk seluruh pelaku UMKM yang ada di Kalteng. “Saya mengharapkan semua yang hadir di sini bisa ikut berpartisipasi dan mendukung dalam pelaksanaan program ini, sehingga bisa berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BBPOM Palangka Raya Safriansyah menyampaikan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah UMKM di bidang obat dan makanan yang sesuai standar; meningkatkan kelas daya saing dan promosi UMKM obat dan makanan khususnya yang spesifik lokal wilayah Kalteng; memperkuat sinergitas pendampingan yang dilakukan oleh jajaran Pemda, perguruan tinggi dan swasta; serta turut meningkatkan perekonomian di Kalteng.

Acara ini juga diisi dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Gerakan Pramuka Kwarda Kalteng dengan BBPOM Palangka Raya, serta penyerahan nomor izin edar produk UMKM dan penghargaan UMKM obat dan makanan yang berprestasi di Kalteng.

Turut hadir Wakil Ketua Harian I DEKRANASDA Prov. Kalteng Nunu Andriani Edy Pratowo dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Kalteng Norhani dan Para Tamu Undangan lainnya. (Yola).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close