AKADEMIKAHeadlineHukum dan KriminalKalimantan TengahKalteng BerkahPalangka Raya

Sosialisasi dan Pelatihan PLTB Bentuk Edukasi dalam Mendukung Pencegahan Karhutla

Keterangan Foto : Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan dan Pelatihan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB), bertempat di Aula Hotel Batu Suli, Palangka Raya, Selasa (09/5/2023).

PALANGKA RAYA, KATAMBUNGNEWS.COM – Pemerintah Kota Palangka Raya berkomitmen dalam meningkatkan kesiapsiagaan serta menyiapkan sumber daya manusia (SDM) maupun sarana prasarana, dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Begitu disampaikan Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu saat membacakan sambutan tertulis Wali Kota Palangka Raya, pada sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan, sekaligus pelatihan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB), di Aula Hotel Batu Suli, Palangka Raya, Selasa (09/5/2023).

Lebih lanjut dalam kesempatan itu sekda menyampaikan, bahwa sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo, dimana untuk menghadapi ancaman karhutla ini selalu mengedepankan aspek pencegahan, karenanya pemerintah tidak hanya memberikan larangan membakar, namun juga berupaya menawarkan suatu alternatif penyiapan lahan tanpa dibakar yang ramah lingkungan.

Karenanya kata dia, dengan kegiatan sosialisasi dan pelatihan PLTB tersebut, dapat memberikan alternatif penyiapan/pengolahan lahan bagi masyarakat, di tengah kebijakan pemerintah terkait larangan melakukan pembakaran lahan, serta sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat dalam mendukung pencegahan karhutla.

Disisi lain, melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan PLTB itu setidaknya menjadi langkah meningkatkan pencapaian kondisi Kota Palangka Raya bebas karhutla, dengan kualitas lingkungan hidup yang semakin baik.

“Diharapkan pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pelatihan PLTB ini dapat memberikan hasil sebagaimana yang diharapkan, sekaligus bisa direplikasi di tempat lain di masa depan,” harap sekda.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis DLH Palangka Raya, narasumber dari Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (KLHK) Wilayah Kalimantan. Hadir pula para Camat dan Lurah, Kelompok Tani dan peserta pelatihan lainnya.(HK).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close