Barito Timur

Wartawan Dituntut Profesional Dalam Peliputan Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

KATAMBUNGNEWS, TAMIYANG LAYANG- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Barito Timur, Prasojo Eko Aprianto, mengingatkan wartawan untuk profesional dalam melakukan peliputan. Jangan sampai sampai mengabaikan standar-standar baku yang telah ditetapkan untuk mengejar berita viral.

“Pada prinsipnya setiap jurnalis diwajibkan dan harus untuk berkerja secara profesional dan tidak boleh ada sikap emosi dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya,” ujar Eko, Selasa (19/7/2022).

Apa yang disampaikan Eko ini, berkaitan dengan ramainya pemberitaan tentang dugaan pelecehan seksual di Barito Timur. Namun beberapa produk berita, mengabaikan hak-hak dasar beberapa pihak.

“Keberimbangan dalam sebuah berita sangat penting dan harus diutamakan dalam melaksanakan kejurnalistikan dan jangan memunculkan sikap emosi pribadi, jangan sampai terjebak dari kasus tersebut,” kata Eko.

Lanjut dia, penting sekali sebuah informasi yang didapat, harus terus diverifikasi serta wajib untuk klarifikasi kepada pihak yang berkompeten. Kemudian, tetap memberikan hak setiap pihak untuk memberikan versi masing-masing.

“Jangan suka-suka dalam menulis sesuatu untuk pemberitaan di media massa. Oleh karena itu, pendalaman ilmu peliputan untuk jurnalis muda sangat perlu, supaya lebih terarah dan profesional dalam berkerja,” lanjut Eko.

Terkait pemberitaan yang sedang ramai di Kabupaten Barito Timur ini, Eko berharap wartawan profesional dan lebih mengedepankan empati serta tidak membangun spekulasi secara pribadi mengedepankan atau egoisme. Ini untuk menghindari pengalaman yang traumatik dan itu penting.

“Kita paham para pihak yang diberitakan memiliki putra-putri masing-masing dan juga hindari spekulasi dan asumsi yang tidak mendasar dan lain-lain. Saya yakin jurnalis sudah paham jurnalisme empati,” ujarnya.

Selain itu, Eko menyebut, permasalahan ini sudah ada pihak yang melaporkan ke Polres Barito Timur di harapkan untuk mempercayakan pemeriksaan terhadap penyidik.

“Saya yakin penyidik Polres Barito Timur berkerja secara profesional, akuntabel dan transparan. Pihak kepolisian juga diharapkan dapat memberikan kepastiaan hukum agar permasalahan ini terang benderang dan tidak ada opini liar yang berkembang,” kata Eko.

Dirinya meminta, pihak yang tidak memiliki hubungan atau kompetensi dalam problematika berkaitan berita yang ramai diperbincang tidak “menggoreng” berita dengan hanya menjadikan satu pihak saja sebagai narasumber utama. (ags)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close