Kotawaringin Timur

Ini Alasan Jadwal Keberangkatan Haji Diundur

“Pemberangkatan JCH rencana awal pada Sabtu 3 Juni 2023 tapi karena ada penambahan kuota, kami belum tahu ada perubahan atau tidak,” kata Kepala Kemenag Kotim, Khairil Anwar, Kamis 11 Mei 2023.

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sebelumnya telah menjadwalkan keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) pada Sabtu 3 Juni 2023 mendatang. Namun jadwal tersebut saat ini belum dapat dipastikan, lantaran adanya penambahan kuota calon haji oleh pemerintah pusat.

“Pemberangkatan JCH rencana awal pada Sabtu 3 Juni 2023 tapi karena ada penambahan kuota, kami belum tahu ada perubahan atau tidak,” kata Kepala Kemenag Kotim, Khairil Anwar, Kamis 11 Mei 2023.

Dijelaskannya, kuota haji di Indonesia sebelumnya sebanyak 221 ribu diantaranya 203.320 jamaah haji reguler dan 17.680 khusus, serta 4.200 merupakan petugas haji. Dari jumlah tersebut ada penambahan kuota sebanyak 8 ribu dari Pemerintah Arab Saudi.

Adanya penambahan kuota tersebut, nantinya akan dibagi kembali oleh pemerintah pusat ke seluruh provinsi. Kemudian dari provinsi dibagikan lagi ke kebupaten.

“Sampai saat ini kami masih belum tahu berapa tambahan kuota yang kita peroleh karena penambahan itu baru diumumkan kemarin oleh provinsi. Tapi penambahan kouta ini sudah kami sampaikan ke JCH,” ujarnya.

Dengan adanya penambahan kuota tersebut, lanjut Khairil Anwar, bagi JCH lainnya yang ingin berangkat, tahun ini bisa mendapat kesempatan.

Namun JCH sebelumnya harus melunasi pembayaran biaya haji atau Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Adapun total BPIH embarkasi Banjarmasin Rp 90.990.996.26, biaya yang dibebankan ke jamaah sebesar Rp 50.753.057

Kemudian, Rp 40.237.937 yang merupakan nilai manfaat kekeuntungan yang diperoleh dari pengelolaan dan pengembangan dana haji yang dilakukan melalui penempatan investasi.

“Sebelumnya pelunasan itu sudah ditutup kemarin. Tapi karena ada penambahan kouta, maka pelunasan hingga Jumat 12 Mei 2023. Kita tunggu saja lagi untuk pelunasan ini agar kuota kita tidak terbuang. Terkait jadwal akan segera kami umumkan kembali nanti,” tutupnya. (budi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close