Ekonomi BisnisHeadlineKalimantan TengahKalteng BerkahKotawaringin TimurTeknologi

Camat Kota Besi Apresiasi Gerak Cepat PT.MAS Padamkan Karhutla

Keterangan Foto : Manajemen PT.Maju Aneka Sawit (MAS) bersama Forkopimcam Kota Besi saat memberikan keterangan, Kamis (3/08/2023).

KOTIM, KATAMBUNGNEWS.COM – Camat Kota Besi Gusti Mukafi mengapresiasi gerak cepat PT.Maju Aneka Sawit (MAS) yang termasuk anak perusahaan Musimas Group dalam upaya membantu pemadaman kebakaran lahan di Desa Hanjalipan Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PT.MAS yang telah membantu memadamkan kebakaran lahan di wilayah Desa Hanjalipan,” kata Gusti Mukafi, Kamis (03/08/2023).

“Kebakaran lahan ini dimulai pada 27 Juli kemarin, alhamdulilah hingga saat ini api telah padam seluruhnya tinggal sisa asap, itupun masih dikejar oleh personil pemadam kebakaran perusahaan, kami dari Forkopimcam Kota Besi turut memantau situasi terkait kondisi karhutla di lapangan. Penyebab kebakaran hingga saat ini belum kami ketahui,” jelasnya.

Humas PT.Maju Aneka Sawit (MAS) Bobbi Siagian, menyebutkan kebakaran lahan tersebut terjadi diluar HGU perusahaan.

“Kami melakukan pemadaman kebakaran lahan dengan menggunakan 3 unit ekskavator mini, 10 unit mesin alkon dan 2 unit tohatsu,” ucapnya.

“Kami juga mengerahkan 100 personil pemadam kebakaran perusahaan untuk membantu pemadaman ini, pemadaman telah kami lakukan sekitar 5 hari dan hingga saat ini kami sudah dapat mengendalikan kebakaran ini,” jelas Bobbi.

“Untuk mencegah meluasnya kebakaran, kami dari perusahaan dengan menggunakan ekskavator mini sudah melakukan penyekatan di areal yang terbakar agar tidak meluas, tim pemadam kebakaran kami juga selalu standby di areal tersebut,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya telah melakukan penyekatan sekitar 6 kilometer persegi.

“Untuk pencegahan, tim pemadam kebakaran karhutla kami selalu melakukan monitoring melalui menara api, dan kami juga melakukan patroli rutin khusus kebakaran mengingat saat ini adalah musim kemarau. Ada 50 personil yang bergiliran setiap hari untuk melakukan monitoring dan patroli,” terangnya.

“Saat ini kami telah menjalin kerjasama dengan tim masyarakat bebas api (MBA) Desa Hanjalipan terkait dengan karhutla, selain itu kami juga bekerjasama dengan satgas karhutla kecamatan, dan kami pun selalu berkoordinasi dengan pihak TNI Polri setiap ada kebakaran untuk menangani pemadaman,” pungkas Bobbi.

Sementara itu, Kepala Desa Hanjalipan Sapransyah menyambut baik bantuan pemadaman kebakaran di wilayah desanya oleh pihak PT.Maju Aneka Sawit (MAS).

“Kami atas nama pemerintah desa Hanjalipan mengucapkan terima kasih atas bantuan dari pihak perusahaan, lahan yang terbakar ini adalah lahan kosong milik masyarakat berupa semak belukar, saat terjadi kebakaran kami sudah berusaha memadamkan api namun karena peralatan yang terbatas api tidak bisa dipadamkan dan dengan cepat membesar, hingga pihak perusahaan turun tangan membantu kami,” tandasnya.(YL/TM).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close