DPRD KatinganHeadline

Pemkab Harus Memberikan Dukungan Untuk Tingkatkan UMKM

Kasongan – Untuk mendorong perekonomian agar dapat produktif tentu harus dilakukan terobosan, untuk itu kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan mendorong agar Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Katingan supaya meningkatkan dukungan terhadap kegaitan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat.

“UMKM harus didukung semaksimal mungkin, baik itu dari sisi sokongan dana ataupun hal lain dengan memberikan pelatihan berusaha kepada masyarakat,”Sebut Muhammad Effendi, jum’at (18/8/2023) dikantor DPRD Katingan.

Menurutnya, salah satu sektor UMKM masyarakat yang baik untuk menunjang aktifitas perekonomian salah satu contohnya ada di wilayah Kecamatan Tewang  Sanggalang Garing (TSG) dan Pulau Malan.

“Kita contohkan untuk sektor UMKM di dua kecamatan itu ada pengelolaan buah pisang,”Imbuhnya.

Diungkapkan Legislator asal Daerah Pemilihan (Dapil) III Katingan ini, untuk pengolahan pangan berbahan dasar buah pisang sangat prospektif bagi masyarakat Pulau Malan dan TSG, karena dua wilayah otonom tersebut memiliki hasil perkebunan pisang yang sangat besar. Sebagian besar warga memiliki kebun dengan berbagai jenis tanaman pisang.

“Banyak jenis penganan yang bisa diolah berbahan dasar buah pisang. Saya rasa konsumen pun memiliki ketertarikan selera lidah dengan olahan aneka ragam makanan dari pisang,”Ucapnya.

Oleh sebab itulah, Politikus Partai Demokrat ini, meminta Pemerintah Daerah melalui satuan organisasi perangkat daerah terkait harus proaktif memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha di semua wilayah kecamatan.

(anr/redaksi)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close