AKADEMIKAEkonomi BisnisKalimantan TengahKalteng BerkahNasionalPalangka Raya

Balai Karantina Indonesia Kalimantan Tengah Gelar Pameran dan Bazar Sembako

Keterangan Foto: Wagub Kalteng, H. Edy Pratowo bersama Kepala Balai Karantina Indonesia Kalimantan Tengah, Sudirman saat berfoto dengan masyarakat penerima sembako gratis.

PALANGKA RAYA, KATAMBUNGNEWS.COM – Menyambut Hari Karantina Indonesia ke-146 Tahun.
Balai Karantina Indonesia Kalimantan Tengah menggelar Pameran dan Bazar Sembako, Rabu (11/10/2023) pagi.

Kegiatan yang dipusatkan dihalaman Kantor Balai Karantina Indonesia Kalimantan Tengah Jalan G.Obos, Kota Palangka Raya ini mengangkat tema “Terus Kuat Untuk Indonesia Hebat”.

Kepala Balai Karantina Indonesia Kalimantan Tengah, Sudirman dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan
Pameran dan Bazar Sembako yang dilaksanakan ini merupakan rangkaian momentum Hari Karantina Indonesia ke-146 Tahun.

“Kegiatan ini melibatkan mitra-mitra dari Balai Karantina Indonesia Kalimantan Tengah, yang mana mereka menyediakan berbagai macam kebutuhan bahan pokok seperti, beras minyak, gula, telor dan tepung. Melalui kegiatan ini juga, kita sekaligus memastikan ketersediaan dan aksesibilitas kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat dengan harga yang terjangkau,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Sudirman juga mengatakan bahwa, sesuai dengan Undang-Undang 21 tahun 2019 tugas utama perkarantinaan adalah mencegah masuknya hama penyakit hewan karantina, hama penyakit tumbuhan karantina yang berasal dari luar negeri kedalam wilayah negara Republik Indonesia. Kemudian dari dalam negeri dan keluar wilayah negara Republik Indonesia serta dari suatu area ke area lain didalam wilayah negara Republik Indonesia. Jadi, ada 3 (tiga) fungsi perkarantinaan yaitu, fungsi keamanan pangan, keamanan pakan, kemudian juga fungsi pengawasan tumbuhan dan satwa yang dilindungi.

Selain tiga fungsi tersebut, kata Sudirman, karantina juga mengemban fungsi sebagai penyokong pembangunan pertanian Indonesia. Dimana fungsi-fungsi tersebut harus disinergikan dan dikolaborasikan dengan seluruh elemen masyarakat yang ada dimasing-masing wilayah kerja.

“Perlu diketahui, Balai Karantina Indonesia Kalimantan Tengah membawahi seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah dalam hal monitoring dan pengawasan terkait dengan adanya serangan hama baru atau penyakit-penyakit baru tentang perkarantinaan, jadi, itulah tugas dan fungsi perkarantinaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo, saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng, sekaligus membuka secara resmi Pameran dan Bazar Sembako Murah dalam rangka Hari Ulang Tahun Karantina Indonesia ke-146 Tahun mengatakan bahwa, Badan Karantina Indonesia mempunyai peranan yang sangat penting bagi penyelenggaraan pembangunan dan kegiatan perekonomian di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Badan Karantina Indonesia mempunyai tugas dan fungsi untuk mengatur karantina atau sistem pencegahan masuk dan keluar serta tersebarnya hama dan penyakit hewan karantina, hama penyakit ikan karantina dan organisme pengganggu tumbuhan karantina serta pengawasan atau pengendalian serta keamanan terhadap pangan dan mutu pangan, produk, rekayasa genetik, sumber daya genetik, agensia hayati, jenis asing inflasit, tumbuhan satwa liar, serta tumbuhan dengan satwa langka yang dimasukan kedalam dan dikeluarkan dari wilayah kesatuan Republik Indonesia. Jadi, peran Badan Karantina Indonesia sangat penting,” ungkap Edy.

Lanjutnya, kalau suatu barang atau produk itu telah lolos dari karantina berarti ada legasi atau jaminan bahwa barang tersebut aman.

“Maka dari itu, peranan Badan Karantina Indonesia sangat penting, salah satunya yaitu untuk mensortir dan melihat apakah barang tersebut layak atau tidak untuk dikeluarkan,” tutupnya. (HK).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close