AKADEMIKAEkonomi BisnisHiburanKalimantan TengahKalteng BerkahKatingan

UMPR Laksanakan Kegiatan Student Idea Fest UMPR 2023 dan Youth Talk di Aula Gedung Salawah Kasongan

Keterangan Foto: Kegiatan Student Idea Fest UMPR 2023 dan Youth Talk yang dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) di Aula Gedung Salawah Kasongan, Kabupaten Katingan, Selasa (28/11/2023).

KATINGAN, KATAMBUNGNEWS.COM – Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) laksanakan Kegiatan Student Idea Fest UMPR 2023 dan Youth Talk yang bertempat di Aula Gedung Salawah Kasongan, Kabupaten Katingan, Selasa (28/11/2023).

Kegiatan ini di hadiri langsung oleh Pj Bupati Katingan, Saiful,M.Pd, Forkompinda Kabupaten Katingan dan Kepala OPD se-kabupaten Katingan. Peserta dalam kegiatan ini kurang lebih 750 peserta yg terdiri dari 600 lebih siswa SMA/SMK/MA se-Kabupaten Katingan yg mewakili sekolahnya masing-masing, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya kampus II kasongan dan pelaku UMKM di bawah naungan Disperindagkop Kabupaten Katingan.

Kegiatan merupakan ajang pertukaran informasi dan pengalaman dan pengetahuan para siswa dan mahasiswa yg di balut dengan konsep yang free and fun sesuai dengan passion anak-anak muda saat ini sehingga tetap serius dan menggembirakan. Dalam kegiatan ini juga diselenggarakan Talk Show antara PJ Bupati katingan bersama para siswa di Kabupaten Katingan, Kadisdik Kabupaten Katingan, mahasiswa berprestasi dan alumni UMPR di Kampus II Kasongan.

Kegiatan Student Idea Fest UMPR ini merupakan kegiatan yang akan diselenggarakan di 14 kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Tengah dan mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah. Dalam kegiatan ini menampilkan berbagai macam kreatifitas para siswa dan mahasiswa seperti seni musik, tarian tradisional, musikalisasi, puisi, dan drama. selain itu, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan bazar yang menyajikan produk olahan makanan dari para siswa dan mahasiswa, serta kerajinan tangan yang ditampilkan oleh kelompok pelaku UMKM Kabupaten Katingan.

Selain pentas seni dan bazar, kegiatan ini juga di isi dengan Talk Show. Dalam talk show tersebut, PJ Bupati Katingan menyampaikan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Katingan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan UMPR, melalui kegiatan ini ia berharap agar kelak generasi muda Kabupaten Katingan dapat terinspirasi untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi sehingga kedepan generasi muda Kabupaten Katingan menjadi SDM yang lebih unggul dan berkompeten dalam mengahadi persaingan global. Selain itu, beliau juga berkomitmen untuk terus mendukung program-program pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM Kabupaten Katingan. Salah satunya melalui kerjasama dengan UMPR dalam memfasilitasi Generasi muda kab katingan yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dan mungkin S2.

Hal yang sama disampaikan oleh Kadisdik Kabupaten Katingan, beliau menyampaikan bahwa hubungan antara pemerintah daerah kab katingan dan UMPR sejatinya telah memiliki ikatan emosional yang sangat erat, dimana banyak alumni-alumni UMPR yang juga merupakan putra daerah kabupaten katingan hari ini yang berkarir di lingkungan pemerintah Kabupaten Katingan bahkan menduduki posisi-posisi yang cukup strategis, ini menunjukkan bahwa generasi muda katingan merupakan generasi yang unggul dan mampu bersaing.

Sementara itu, Rektor UMPR Dr. H. Yusuf dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa, UMPR berkomitmen untuk senantiasa mendukung Pemerintah Daerah dalam hal penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan terus melakukan terobosan-terobosan yang akan memfasilitasi para siswa-siswi yang memiliki semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi, sehingga secara perlahan tapi pasti akan menghapus stigma bahwa Kuliah itu sulit dan mahal.

“Salah satu peserta kegiatan yang bernama Dani, siswa dari SMAN 2 Katingan merasa senang mengikuti kegiatan ini “kami dan teman-teman merasa sangat senang mengikuti kegiatan hari ini, banyak hal yang kami dapatkan terutama informasi mengenai UMPR dan pentingnya melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, selain itu kami merasa bahwa baru kali ini kami dapat berkumpul bersama teman-teman dari seluruh SMA di Kabupaten Katingan di satu tempat sehingga menambah pengalaman dan teman-teman baru.” ucapnya.(Yolla).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close