AKADEMIKAEkonomi BisnisHeadlineKalimantan TengahKalteng BerkahPalangka RayaPolitikTeknologi

Unit Rescue Perlu Dibentuk di Setiap Kelurahan

Keterangan Foto : Tim rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, saat menebang pohon yang dinilai mudah tumbang dan membahayakan.

PALANGKA RAYA, KATAMBUNGNEWS.COM – Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya H.M Hasan Busyairi, mendorong agar masing – masing kelurahan yang ada di kota setempat, bisa membentuk unit rescue atau unit penyelamatan.

Perlunya dibentuk unit rescue atau unit penyelamatan itu kata dia bukanlah tanpa sebab, mengingat dalam kehidupan bermasyarakat saat ini banyak membutuhkan bantuan. Seperti meminta bantuan mengevakuasi hewan buas yang memasuki rumah warga, keluarga sakit, dan lain sebagainya.

“Contohnya relawan pemadam kebakaran Pandulima dan Emergency Response Palangka Raya (ERP), yang saat ini memiliki unit rescue, itu bisa dijadikan contoh,” katanya, Jumat (15/9/2023).

Sampai saat ini lanjut Hasan, unit rescue di Kota Palangka Raya sangat terbatas, hanya ada di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, ERP dan Pandulima.

Maka dari itu ujar Hasan menyarankan, sebaiknya Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) harus bisa mengembangkan skill. Tidak hanya skill dalam memadamkan kebakaran saja, tapi juga memiliki skill untuk penyelamatan (rescue) atau evakuasi.

“Terkait peningkatan skill rescue, saya rasa TSAK bisa bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan atau instansi teknis, untuk belajar tentang ilmu rescue,”sarannya.

Ditambahkan Hasan, bahwa masyarakat saat ini banyak mengetahui tentang penyelematan di dinas terkait. Apalagi jika ditiap kelurahan ada tim penyelamatan, maka hal itu akan sangat membantu masyarakat sekitar.(M.Noor)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close