DPRD KatinganHeadline

Pemerintah Harus Terus Berikan Pembinaan Kepada Desa Dalam Mengelola DD

KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Muhammad Effendi mengingatkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Katingan agar terus melakukan pembinaan kepada Kepala Desa (Kades) serta perangkat desa yang ada di Kabupaten Katingan.

Dijelaskan Fendi saat diwawancarai dikantor DPRD Katingan, Selasa (31/10/2023), pembinaan yang dimaksud yakni terkait dengan pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

“Alokasi ADD dan DD saat ini bisa dikatakan tergolng besar, maka untuk itu pemerintah perlu melakukan pembinaan secara berkala agar tidak adanya kesalahan ataupun penyelewengan dalam penggunaanya,”Ujar Fendi.

Untuk itu dirinya pun menyarankan kepada pemda Katingan agar segera melakukan pelatihan kepada kades-kades serta alangkah lebih baiknya juga melibatkan kades yang baru saja terpilih saat pelaksanaan Pilkades serentak kemarin.

Pemerintah harus terus melakukan pembinaan lanjutnya, baik itu pengawasan dan evaluasi sejak penyusunan rencana usulan sampai dengan pemanfaatannya oleh masyarakat, karna dengan ADD dan DD yang tergolong besar untuk skala desa tentu dapat diberdayagunakan salah satunya untuk pembangunan.

“Banyak yang bisa dimanfaatkan dari dana yang cukup besar itu, seperti infrastruktur ataupun bisa dikembangkan untuk menggerakan ekonomi masyarakat melalui badan usaha milik desa (Bumdes),”Imbuhnya.

(anr/redaksi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close