AKADEMIKADesa MembangunEkonomi BisnisKalimantan TengahKalteng BerkahKotawaringin Timur

Kolaborasi RMU dan Karang Taruna Diharapkan Mampu Tingkatkan SDM Pemuda di Desa

Keterangan Foto: Peserta kegiatan Lokakarya Karang Taruna Desa Terantang dan Terantang Hilir, Sabtu (18/11/2023).

KOTIM, KATAMBUNGNEWS.COM – Sekretaris Kecamatan Seranau, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Anas, S.E., M.M menyebutkan, kolaborasi antara PT.Rimba Makmur Utama (RMU) bersama organisasi Karang Taruna diharapkan mampu mendorong serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) para pemuda yang berada di desa.

“Khususnya SDM para pemuda yang berada di wilayah Kecamatan Seranau,” kata Anas, di sela kegiatan Lokakarya yang diikuti Karang Taruna Desa Terantang dan Terantang Hilir, di SMA PGRI 2 Sampit, Desa Terantang, Sabtu (18/11/2023).

“Kami atas nama Pemerintah Kecamatan Seranau menyambut baik dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan Lokakarya Karang Taruna ini,” kata Anas.

“Kegiatan lokakarya ini akan mengedukasi para pemuda khususnya yang berada di Desa Terantang dan Terantang Hilir, tentu kedepannya diharapkan akan dapat membawa dampak peningkatan baik dari segi wawasan maupun pengetahuan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM para pemuda,” ujarnya.

“Kedepannya kami berharap seluruh Karang Taruna di wilayah Kecamatan Seranau dapat diaktifkan, pada tahun 2023 ini pelantikan pengurus Karang Taruna Kelurahan Mentaya Seberang, Desa Terantang dan Terantang Hilir telah terlaksana, hanya pengurus Karang Taruna tiga desa yang belum yaitu Desa Ganepo, Batuah dan Seragam Jaya,” pungkas Anas.

Sementara itu, Kepala Zona Seranau PT.Rimba Makmur Utama (RMU) Herwin Herkuni, mengatakan kegiatan ini adalah sebagai bentuk upaya pihaknya dalam hal mendorong usaha ekonomi kreatif dan usaha kesejahteraan sosial sesuai dengan Permensos no.25 tahun 2019.

“Hadirnya PT.RMU yang berkolaborasi dengan para pemuda di Desa Terantang dan Terantang Hilir adalah dalam rangka untuk bersama-sama mendorong usaha ekonomi kreatif dan usaha kesejahteraan sosial di desa mereka masing-masing,” jelas Herwin.

“Kedepannya karena para pemuda ini adalah tulang punggung atau motor penggerak di desa, kami berharap mereka bisa berkarya, berdiri sendiri, mandiri, serta dapat membawa perubahan,” tambahnya.

“Selain itu kami juga berharap para pemuda ini bisa lebih terlibat aktif dan peduli terhadap lingkungannya,” tandas Herwin.

Lebih lanjut, Staf Senior Bidang Perencanaan PT.Rimba Makmur Utama (RMU) Desmon, menyebutkan melalui kegiatan Lokakarya Karang Taruna ini para pemuda dapat menggali serta memperkaya wawasan, pengetahuan dan informasi agar dapat terus berkreasi dan berinovasi kedepannya.

“Kami hanya memfasilitasi, sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat melalui organisasi Karang Taruna, semoga dapat memberikan manfaat baik bagi para pemuda itu sendiri, bagi organisasi, dan bagi kemajuan daerah,” kata Desmon.(Tbk)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close