DPRD Kalimantan TengahHeadline

Langkah Strategis Pemda Pulihkan Ekonomi Daerah Perlu Didukung

Katambungnews.com – PALANGKA RAYA – Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dra. Hj. Siti Nafsiah, MSi., sangat mendukung adanya strategi maupun kebijakan pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi yang saat ini mendapat tantangan yang sangat berat, terutama dengan adanya pandemi maupun inflasi.

“Untuk dapat mengefektifkan pemulihan ekonomi, baik nasional maupun daerah, pemerintah dapat memaksimalkan peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) milik masyarakat,” ujarnya, Sabtu (17/02/2024).

Lanjut Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas ini  juga mendorong pemerintah supaya dapat memberikan dukungan kepada UMKM melalui pemberian stimulus secara merata dan tepat sasaran.

“Stimulus bagi kalangan UMKM juga bisa menjadi pemicu bagi pemulihan ekonomi, karena dengan stimulus itu akan sangat menyokong UMKM untuk terus menggeliat di tengah ekonomi sulit saat ini. Dimana inflasi yang terjadi di Kalteng mencapai ketiga terbesar nasional,” ujarnya lagi.

Srikandi fraksi Golkar ini kembali mengatakan untuk dapat memaksimalkan peran UMKM dalam mendorong pemulihan ekonomi, maka pemerintah diharapkan dapat melakukan terobosan yang lebih luas.

Salah satunya, dengan bekerjasama dengan pihak ketiga atau investor, dalam rangka Pengembangan UMKM. Yang mana, Pengembangan tersebut tidak hanya dalam rangka peningkatan keterampilan dan kualitas produk UMKM, tapi juga bisa memfasilititasi pemasaran produk unggulan UMKM tersebut secara lebih luas. Bahkan sampai menembus pasar luar negeri.

“Dengan pengembangan UMKM yang optimal dari pemerintah maupun pihak ketiga, yakni investor diharapkan bisa turut andil dalam menstabilkan gejolak infl asi saat ini. Sehingga masyarakat pun bisa tetap menjalankan kehidupannya dengan aman secara ekonomi, karena UMKM yang digelutinya masih bisa berjalan dengan baik,” tandasnya. (yn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close